Selasa, 29 April 2014

Pengenalan Delphi




BAB II
LANDASAN TEORI


2.1.       Pengenalan Delphi
Delphi adalah suatu program berbasis bahasa Pascal yang berjalan dalam lingkungan Windows. Delphi telah memanfaatkan suatu teknik pemrograman yang disebut RAD yang telah membuat pemrograman menjadi lebih mudah. Delphi adalah suatu bahasa pemrograman yang telah memanfaatkan metode pemrograman Object Oriented Programming (OOP).
Khusus untuk pemrograman database, Borland Delphi menyediakan fasilitas object yang sangat kuat dan lengkap serta memudahkan dalam pembuatan program untuk aplikasi database. Format database yang dimiliki Delphi yaitu format database paradox, dBase, Ms Access, ODBC, syBase, Oracle dan lain-lain.

2.2.       Memulai Program Borland Delphi 5.0


Gambar 2.1 Cara Membuka Program Delphi 5.0


Untuk memulai atau menjalankan program Borland Delphi, ikuti langkah-langkah berikut: 

  1. Klik tombol Start yang terletak pada bagian taskbar.
  2. Pilih menu program dan pilih Borland Delphi, kemudian Klik Delphi 5.
  3. Sesaat kemudian akan muncul tampilan lembar kerja Borland Delphi 5, seperti yang tampak pada gambar berikut:
    Gambar 2.2 Tampilan Awal Program

  4. 2.1.       Mengenal IDE Delphi
    Lingkungan pengembangan terpadu atau Integrated Depelopment Environment (IDE) dalam program Delphi terbagi menjadi enam bagian utama, yaitu main window, toolbar, component palette, form designer, Code editor dan object inspector. Untuk lebih jelasnya perhatikan ilustrasi gambar 2.2. Tampilan Awal Program Delphi 5.0.
    2.3.1        Main Window
    Jendela utama adalah bagian dari IDE yang mempunyai fungsi yang sama dengan semua fungsi utama dari program aplikasi windows lainnya. Jendela utama Delphi terbagi menjadi 3 bagian, yaitu main menu, toolbar dan component palette.
    2.3.2        Main Menu
    Menu pada Delphi memiliki kegunaan yang sama seperti pada menu aplikasi windows lainnya. Dengan menggunakan fasilitas menu, kita dapat memanggil atau menyimpan program, sehingga pada dasarnya semua perintah yang kita kerjakan dapat kita temukan pada bagian menu utama.
    2.3.3        Toolbar (Batang Tombol)
    Program Delphi memilikibeberapa toolbar yang masing-masing memiliki perbedaan fungsi dan setiap perintah menu yang sering digunakan. toolbar sering disebut juga speedbar.
    Toolbar terletak pada bagian bawah baris menu. Pada kondisi default, Delphimemiliki 6 bagian toolbar antara lain standard, view, debug, desktop, custom dan component palette.
    2.3.4        Component Palette
    Componen palette berisi sekumpulan icon yang melambangkan component-component yang terdapat pada VCL (Visual Component Library).
    Pada component palette kita akan menemukan beberapa page control, seperti standard, addition, win32, system, data access, dll. Seperti yang tampak pada gambar 2.3.
    Gambar 2.3 Component Complete

  5. 2.3.1        Form Designer
    Form designer merupakan suatu object yang dapat dipakai sebagai tempat untuk merancang aplikasi. Form merupakan media kerja yang dapat diisi dengan component-component yang diambil dari component palette. Pada saat kita memulai Delphi, Delphi akan memberikan sebuah form kosong yang disebut Form 1. Seperti yang tampak pada gambar 2.4 berikut:
    Gambar 2.4 Form Designer (Form1)

  6. 2.3.1        Object inspector
    Object inspector digunakan untuk mengubah properti atau karakteristik dari sebuah component. Object inspector terdiri dari 2 tab, yaitu properties dan event. Perhatikan gambar berikut:
    Gambar 2.5 Object inspector

  7. 1.       Tab Properties, digunakan untuk mengubah properti component. Properti dengan tanda +, menunjukan bahwa properti tersebut mempunyai sub properti.
    2.       Tab Event, bagian yang dapat diisi dengan kode program tertentu yang berfungsi untuk menangani kejadian-kejadian (sebuah prosedur) yang dapat direspon oleh sebuah component.
    Berikut ini ini adalah beberapa tabel yang menjelaskan fungsi dari beberapa properti yang terdapat tab properties object inspector:
    Properti-properti utama yang bisa diatur untuk tiap component form  adalah
    Tabel 2.1 Properti-properti Form
    Properti-properti Form
    BorderIcon
    Border icon mempunyai pilihan sebagai berikut :
    -    BiSystemMenu : Apakah form akan memakai icon maximize, minimize dan close. Isi properti ini dengan true untuk mengaktifkannya.


    -    BiMaximize : Apakah form akan memakai icon Maximize

    -    BiMinimize : Apakah form akan memakai icon Minimize
    -    BiHelp : Apakah form akan memakai icon help.
    BorderStyle
    Properti ini memiliki 6 nilai, yaitu :
    -    BsDialog : Form hanya akan memiliki icon close
    -    BsNone : Form tidak mempunyai garis pinggir
    -    BsSingle : Form bisa diminimize, dimaximize tapi tidak bisa dibesarkan (resize)
    -    BsSizeable : Form default, bisa diminimize, maximize dan diperbesar.
    -    BsToolWindow : Judul form lebih kecil dan tidak bisa diperbesar.
    -    BsSizeToolWin : Sama dengan bsToolWindow bisa diperbesar.
    BorderWidth
    Lebar border untuk form ke bidang clientnya.
    Caption
    Judul dari form. Bisa diisi sesuai keinginan karena tipenya string.
    Color
    Warna background dari form.
    Catatan :
    Coba klik pilihan pada properti color maka akan muncul beberapa pilihan. Pilihan dibawah clWhite adalah warna-warna yang dipakai dalam window (desktop-properties-apperance), seperti warna background desktop, dan lain-lain.
    Cursor
    Cursor apa yang akan tampil ketika cursor mouse berada diatas form (object).
    Font
    Font standar yang akan digunakan oleh component-component yang berada dalam form tersebut. Untuk memilih font klik tombol elipsis (…)
    Height
    Tinggi dari form secara keseluruhan
    Hint
    Pesan apa yang akan ditampilkan ketika mouse diam diatas form. Untuk menampilkan hint maka properti ShowHint harus mempunyai nilai true.
    Left
    Posisi kiri form dari desktop(dalam pixel).
    Name
    Ini adalah properti yang paling penting. Name bukan caption. Name adalah nama yang digunakan untuk memanggil/menggunakan object. Nama object tidak boleh terpisah.
    Position
    Posisi menampilkan form ketika pertama kali ditampilkan.
    Top
    Posisi atas form dari desktop
    Visible
    Apakah form akan ditampilkan atau tidak.Defaultnya adalah false
    Width
    Lebar form secara keseluruhan
    WindowState
    Kondisi state apakah maximize, minimize, atau normal

    Tabel 2.2 Properti-properti Label
    Properti-Properti Label
    Align
    Peletakan object terhadap parent (form). Nilai yang dimungkinkan adalah :
    -    AlClient : object diletakan sebesar bidang sisa dari parentnya.
    -    AlRight : object diletakan di posisi kanan form
    -    AlLeft : object diletakan di posisi kiri form
    -    AlTop : object diletakan di posisi atas form
    -    AlBottom : object diletakan di posisi bawah form
    -    AlNone : object diletakan sesuai peletakan waktu desain
    Alignment
    Justifikasi dari text apakah rata kiri (leftJustify), rata kanan (rightJustify) dan tengah (center).
    Autosize
    Besar bidang object akan sesuai dengan besarnya caption
    Caption
    Text (kata) yang akan ditampilkan dalam label
    Color
    Warna background dari object
    Font
    Font yang digunakan dalam object. Defaultnya adalah font parent.
    Name
    Nama dari object. Ingat Name berbeda dengan Caption
    Transparent
    Apakah warna object akan dibuat transparan (properti color tidak dipakai).
    WordWarp
    Jika diisi true, maka jika caption telah melebihi batas, maka akan menggulung ke baris berikutnya.

    Tabel 2.3 Properti-properti Edit
    Properti-Properti Edit  ()
    BorderStyle
    Apakah object akan menggunakan garis pinggir.
    CharCase
    Apakah data yang dimasukan akan dicapitalkan (uppercase) atau dihurufkecilkan (lowercase) atau normal.
    Color
    Warna background dari object.
    Ctr3D
    Apakah akan dibuat 3D atau flat / datar.
    MaxLength
    Panjang maksimal data yang akan dimasukan.
    PasswordChar
    Karakter apa yang akan ditampilkan ketika object ini digunakan untuk memasukan password contoh *. Isi properti ini dengan #0 jika object tidak digunakan untuk membaca password.
    ReadOnly
    Jika diisi true, maka user tidak bisa menulis/mengubah isi object.
    Text
    Isi tulisan dari object ini. Edit tidak mempunyai caption, sehingga isi dari yang ditulis diedit berada di properti ini.
    Visible
    Isi properti ini dengan true jika object ingin ditampilkan.

    Tabel 2.4 Properti-properti Button
    Properti-properti dari Button  ()
    Properti-properti dari button sebenarnya sama dengan properti-properti object yang telah dijelaskan, tetapi ada beberapa properti yang berbeda yaitu properti :
    ModalResult
    Properti ini biasanya digunakan ketika kita membuat program yang memiliki banyak form. Properti ini digunakan untuk mengecek tombol apa yang diklik ketika suatu form ditutup.
    Cancel
    Jika properti ini diisi dengan nilai True, maka ketika ada penekanan tombol Escape dalam form tersebut maka tombol tersebut akan dieksekusi.
    Default
    Jika properti ini diisi dengan nilai True, maka ketika ada penekanan tombol Enter dalam form tersebut maka tombol tersebut akan dieksekusi.
    2.3.1        Code editor
    Code editor merupakan tempat dimana kita dapat menuliskan kode program, pada bagian ini kita dapat menuliskan pernyataan dalam object pascal. Keuntungan pemakaian Delphi adalah bahwa kita tidak perlu menuliskan kode-kode sumber karena Delphi menyediakan perangkat penulisan program, seperti yang tampak pada gambar berikut:
    Gambar 2.6 Code Editor

  8.             Menu-menu Pada Borland Delphi 5.0
    Menu-menu yang ada pada program aplikasi Borland Delphi 5, terdiri dari:
    2.4.1        Menu File
    Menu file berisi perintah-perintah menu dasar yang sering digunakan, yang berhubungan dengan pengoperasian file, berikut submenu beserta fungsinya:
    1.       New, membuat object baru yang berupa project, form, dll.
    2.      New Application, membuat project baru. Perintah ini akan menutup project sebelumnya yang pernah kita aktifkan sekaligus membuka Code editor baru dengan nama Unit 1.pas, form baru dengan nama form 1, dan object inspector.
    3.       New Form, membuat form baru yang masih kosong.
    4.      New Frame, membuat frame baru yang masih kosong yang akan ditambahkan dengan project yang aktif.
    5.       Open, membuka sebuah object. Object tersebut dapat berupa program atau project.
    6.       Open Project, membuka project.
    7.      Reopen, membuka object terakhir yang pernah kita buka sebelumnya.
    8.      Save, menyimpan form yang sedang aktif.
    9.       Save As, menyimpan form yang aktif dengan nama baru.
    10.   Save Project As, menyimpan project yang aktif dengan nama baru.
    11.  Save All, menyimpan semua object yang aktif.
    12.  Close, menutup form, jika form belum kita simpan maka Delphi maka Delphi akan menampilkan kotak konfirmasi tentang penyimpanan file.
    13.  Close All, menutup semua object yang aktif.
    14.  Use Unit, membuka semua unit untuk object yang aktif.
    15.  Print mencetak item Delphi yasng sedang terpilih.,
    16.  Exit, menutup program aplikasi Delphi.
    2.4.2        Menu Edit
    Menu edit berisi perintah-perintah yang digunakan untuk menyunting teks program dalam jendela code editor, menyunting component-component yang terletak pada bagian form designer dan beberapa item lainnya. Berikut submenu edit dan beberapa fungsinya.
    1.      Undo, membatalkan perintah terakhir yang pernah kita berikan.
    2.      Redo, mengulang perintah terakhir yang pernah kita berikan.
    3.      Cut, memotong teks atau object yang telah terpilih.
    4.      Copy, menyalin teks atau object yang telah terpilih.
    5.      Paste, meletakkan atau menampilkan teks atau object yang telah kita cpy atau cut pada posisi tertentu yang kita kehendaki..
    6.      Delete, menghapusk teks atau object yang telah kita pilih.
    7.      Select All, memilih seluruh teks atau object.
    8.      Align to Grid, merapikan atau mengatur perataan object terpilih terhadap posisi titik-ttiik grid pada form.
    9.      Bring to Front, meletakkan object terpilih pada posisi teratas diantara object lainnya didalam form.
    10.  Send to Back, meletakkan object terpilih pada posisi terbawah diantara object lainnya didalam form.
    11.  Align, mengatur perataan object-object terpilih dalam form, baik secara vertical maupun horizontal.
    12.  Size, mengatur ukuran lebar dan tinggi untuk object-object yang terpilih.
    13.  Scale, mengubah ukuran semua object yang terdapat dalam form secara keseluruhan dengan sistem pengubah nilai persentase.
    14.  Tab Order, mengubah urutan object yang akan diaktifkan apabila kita menggunakan tombol tab untuk memindahkan posisi object yang aktif pada saat form yang telah kita buat dijalankan.
    15.  Creation Order, mengubah urutan component non-visual yang akan diaktifkan apabila kita menggunakan tombol tab untuk memindahkan posisi component non-visual yang aktif pada saat form yang telah kita buat dijalankan.
    16.  Flip Children, memutar component-component yang terdapat dalam form secara horizontal.
    17.  Lock Controls, mengunci seluruh componentyang terdapat dalam form sehingga kita tidak diperkenankan untuk mengubah ukuran dan memindahkan posisi component tersebut.
    2.4.3        Menu Search
    Menu search berisi perintah-perintah yang digunakan untuk mencari teks, mencari dan mengerti teks, menuju suatu baris kode program tertentu serta perintah lainnya didalam jendela code editor. Berikut submenu search dan fungsinya.
    1.      Find, mencari teks tertentu dalam Code editor.
    2.      Find in File, mencari kode tertentu dalam Code editor yang terletak pada file lain.
    3.      Replace, mencari teks tertentu dan menggantikannya dengan teks lain dalam Code editor.
    4.      Search Again, yang mengulang perintah mencari teks yang pernah kita berikan sebelumnya.
    5.      Incremental Search, mencari teks tertentu yang akan kita ketik-jalankan perintah ini sehingga akan tampak teks searching for: pada bagian Code editor dan kemudian ketik teks yang akan kita cari.
    6.      Go to Line Number, pindah menuju baris program tertentu pada jendela Code editor.
    7.      Find Eror, mencari kesalahan-kesalahan program yang ada dalam jendela Code editor.
    2.4.4        Menu View
    Menu View berisi perintah-perintah yang akan digunakan untuk menampilkan atau menyembunyikan jendela-jendela tertentu dalam program delphi.
    1.      Project Manager, menampilkan lembar kerja project manager yang digunakan untuk mengelola struktur hirarki dalam suatu project.
    2.      Object inspector, menampilkan lembar kerja object inspector yang digunakan untuk mengubah properti dan even component-component yang terdapat dalam suatu form.
    3.      Alignment Palette, menampilkan toolbar alignment yang berisi tombol perintah untuk mengatur peralatan component-component yang terdapat dalam suatu form.
    4.      Component List, menampilkan lembar kerja component yang berisi daftar nama component Delphi yang dapat ditambahkan dalam suatu form.
    5.      Window List, menampilkan daftar nama jendela.
    6.      Desktop, menampilkan submenu desktop yang sedang dalam kondisi aktif yang dapat kita pilih.
    7.      Debug Window, menampilkan lembar kerja debug. Berfungsi untuk mengolah desktop.
    8.      Toggle Form/Unit, pindah menuju lembar kerja form designer dan Code editor secara bergantian.
    9.      Unit, menampilkan dan mengaktifkan daftar nama unit yang kita miliki.
    10.  Form, menampilkan dan mengaktifkan daftar nama form yang kita miliki.
    11.  New Edit Window, membuka jendela Code editor baru.
    12.  Toolbar, menampilkan daftar nama toolbar yang dapat diaktifkan atau disembunyikan.
    2.4.5        Menu Project
    Menu project berisi perintah-perintah yang berhubungan dengan pengolahan suatu project, dengan submenu sebagai berikut:
    1.      Add to Project, menambahkan unit yang pernah ada kita buat sebelumnya ke dalam object yang aktif.
    2.      Remove from Project, menghapus unit yang terdapat didalam project yang sedang aktif.
    3.      Import Type Library, memasukkan type library lain ke dalam system program Delphi
    4.      Add to Repository, memasukkan semua program aplikasi yang telah kita buat kedalam dafar repository.
    5.      View Source, menampilkan code program sumber project yang sedang aktif.
    6.      Add New Project, menampilkan item baru kedalam project.
    7.      Add Exiting Project, menambahkan project lain yang pernah kita buat sebelumnya kedalam kelompok project.
    8.      Compile Project, membentuk file kompilasi berakhiran .exe, yang dapat di eksekusi sewaktu-waktu untuk file-file yang ada dalam program project aktif.
    9.      Build Project, membangun kembali sebuah component yang terdapat dalam project yang aktif yang telah mengalami perubahan.
    10.  Syntact Check Project, mengkompilasi modul-modul project yang tidak terikat dengan project tersebut. Perintah ini digunakan untuk mengecek kode dari kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi pada saat proses kompilasi.
    11.  Compile All Project, membentuk file kompilasi dengan akhiran .exe, untuk seluruh file project yang sedang aktif.
    12.  Build All Porject, membangun kembali sebuah komponen yang terdapat dalam seluruh project yang aktif yang telah mengalami perubahan.
    13.  Option, menampilkan kotak dialog option.
    2.4.6        Menu Run
    Menu run digunakan untuk menjalankan program dan melihat jalannya program tersebut. Kita juga dapat memantau jalannya program dengan memperhatikan prosedur yang dijalankan, berikut adalah submenu run dan fungsinya.
    1.      Run, mengkompilasi dan menjalankan program aplikasi yang telah kita bentuk.
    2.      Parameter, menentukan parameter awal untuk program aplikasi kita.
    3.      Step Over, menjalankan baris program satu per satu dalam suatu prosedur.
    4.      Trace Into, menjalankan baris program satu per satu dalam suatu prosedur yang saling berhubungan.
    5.      Trace to Next Source Line, menjalankan program dalam suatu prosedur dan akan berhenti bila menemukan baris perintah dalam suatu prosedur berikutnya.
    6.      Run to Cursor, menjalankan program hanya sampai pada lokasi cursor dalam code editor.
    7.      Run Until Return, menjalankan program sampai program mengeksekusi perintah return.
    8.      Show Execution Point, menampilkan posisi cursor dalam jendela code editor.
    9.      Program Pause, menghentikan program untuk sementara.
    10.  Program Research, menampilkan program secara permanen.
    11.  Evaluate/Modify, menampilkan kotak dialog Evaluate/Modify dimana kita dapat mengevaluasi atau mengubah nilai pernyataan yang ada.
    12.  Add Watch, membuka kotak dialog watch properties dimana kita dapat memodifikasikan watch.
    13.  Add Breakpoint, membuka kotak dialog edit breakpoint dimana kita dapat membuka dan memodifikasikan breakpoint.
    2.4.7        Menu Component
    Menu component digunakan untuk menambah atau menginstal komponen-komponen baru. Berikut ini adalah submenu component beserta fungsinya.
    1.      New Component, membuat component baru.
    2.      Install Component, menginstall component baru.
    3.      Import Active Control, menambah type library kontrol-kontrol aktif kedalam project Delphi.
    4.      Install Package, menginstall paket-paket komponen yang telah disediakan Delphi.
    5.      Configurate Palette, membuka dan mengatur palette dan kotak dialog palette properties.
    2.4.8        Menu Database
    Menu database digunakan untuk membuat, mengubah dan melihat database. Berikut ini merupakan submenu desktop dan fungsinya.
    1.      Explore, membuka database explore atau SQL explore.
    2.      SQL Monitor, membuka SQL Monitor.
    3.      Form Wizard, membuka form melalui database form wizard yang berfungsi untuk menampilkan data dari suatu database.
    2.4.9        Menu Tools dan Help
    Menu tools digunakan untuk mengubah option atau memanggil database desktop dari menu delphi. Berikut ini adalah beberapa submenu tools dan help beserta fungsinya.
    1.      Environment Options, menentukan konfigurasi preference library, nama  path dan mengubah tamilan component palette.
    2.      Editor Options, menentukan konfigurasi editor.
    3.      Repository, menampilkan kotak dialog object repository.
    4.      Translation Repository, menampilkan kotak dialog translation repository.
    5.      Configure Tools, menampilkan kotak dialog tools options, gunakan kotak dialog ini untuk menambahkan penghapus, atau mengubah perintah pada menu tools.
    6.      Database Desktop, menampilkan database desktop, dimana kita dapat membuat, menampilkan, mengurutkan, memodifikasikan dan mengolah tabel query dalam program paradox, dBase dan format SQL.
    7.      Package Collection Editor, membuat dan menyunting package collections (kumpulan paket).
    8.      Image Editor, membuat dan menyunting  file sumber, icon, gambar bitmap dan file cursor untuk digunakan dalam aplikasi.
    9.      Menu Help, digunakan untuk membuka lembar kerja bantu Delphi.

2 komentar: